Sabtu, 13 Jul 2024
  • Selamat datang di website resmi SMP Negeri 12 Madiun

Asesmen Bakat dan Minat BP3 Kemdikbud akan Dibuka, Catat Lokasinya

Asesmen bakat dan minat akan dibuka Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemendikbudristek. BP3 merupakan institusi yang juga mengelola Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

 

Asesmen minat dan bakat atau tes minat dan bakat adalah tes yang dapat digunakan untuk melihat potensi dan ketertarikan seseorang terhadap suatu bidang.

Kepala BP3 Kemendikbudristek Dr Rahmawati, ST MEd menuturkan, mengenali bakat dan minat merupakan hal yang penting untuk memaksimalkan potensi serta menavigasi arah karier seseorang.

Lebih lanjut, mengetahui bakat dan minat penting untuk merencanakan pendidikan dan menjalani hidup sesuai minat dan bakat. 

“Harapan kami melalui layanan ini, setiap peserta didik dapat memanfaatkan hasil asesmen bakat dan minat sebagai informasi yang dapat digunakan untuk menavigasi serta merencanakan karier peserta didik untuk masa depannya,” kata Rahmawati, dikutip dari akun Instagram @bp3_kemdikbud, Selasa (22/11/2022).

Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan akan memberikan layanan asesmen bakat dan minat kepada siswa SMA dan SMK di Provinsi DI Yogyakarta, Provinsi Gorontalo, serta Kota Bogor, Kota Depok, dan Kota Bekasi. 

“Layanan asesmen bakat dan minat secara meluas akan dilaksanakan di tahun 2023,” tulis BP3 Kemdikbud.
Apa Itu Minat dan Bakat?

Minat adalah kecenderungan hati yang tinggi pada sesuatu tanpa suruhan. Minat ditandai dengan rasa senang akan sesuatu atau sebuah aktivitas, seperti minat bermain musik.

Tanda minat pada sesuatu antara lain perhatian pada objek tersebut, menyenanginya, dan punya kemauan yang tertuju padanya.

Lebih lanjut, penting untuk mengenali minat karena membantu diri sendiri memiliki kekuatan dan motivasi dari dalam diri untuk melakukan hal yang lebih positif.

Sementara itu, bakat adalah kemampuan bawaan berupa potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan khusus. 

Contoh bakat yaitu kemampuan bermusik, berbahasa, melukis, dan lain-lain. Orang yang punya bakat musik misalnya akan lebih cepat menguasai keterampilan bermusik, mengenali nada, atau memainkan alat musik.

Perlu digarisbawahi, bakat tidak akan terasah dengan baik jika tidak ada usaha dari diri untuk mengembangkannya. Minat merupakan keinginan berusaha lebih keras yang tubuh dari dalam diri, sementara bakal merupakan nilai lebih yang dibawa sejak lahir.

Jika punya bakat tetapi tidak ada minat dan kerja keras untuk mengasahnya, maka potensi diri tidak akan terwujud maksimal. Bagaimana detikers, apakah kamu sudah menemukan minat dan bakat dirimu?

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR